Thursday 3 April 2014

Sistem Informasi Akademik Berbasis Android (5) "Membuat Splash Screen"

Setelah beberapa posting sebelumnya berisi tentang teori, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat Splash Activty. Ada yang belum tahu tentang splash screen??

Well, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu splash screen. Splash screen adalah sebuah activity yang muncul dengan duruasi beberapa detik saja. Splash screen biasa digunakan sebagai identitas sebuah aplikasi. Kalian pernah pake aplikasi-aplikasi android kan. Nah, biasanya pada beberapa aplikasi, saat kita running akan muncul sebuah activity yang berisi logo atau tulisan dari aplikasi tersebut. Sebagai contoh ketika kalian membuka aplikasi detikdotcom, kalian akan melihat logo detik dengan background berwarna biru.

Selain digunakan untuk identitas, Splash screen biasanya berisi kode untuk mempersiapkan jalannya aplikasi. Maksudnya, didalam Splash screen itu biasanya ada perintah untuk menyiapkan data pada activity selanjutnya. Sebagai ilustrasi, ketika kita membuka aplikasi detikdotcom, aplikasi memerlukan waktu beberapa detik untuk mengambil data dari server. Nah agar activity awal nya tidak blank, maka dibuatlah logo atau tulisan untuk mengalihkan perhatian user #edisisoktahu #jangandijadikanreferensi. :-)

Sekarang akan kita bahas bagaimana membuat splash screen. Pertama-tama, siapkan gelas, isi dengan 1 sendok kopi. Lalu tambahkan gula secukupnya, kemudian seduh dengan air panas.. Upss kok malah jadi bikin kopi. Hehehe

Here are the steps :
1. Siapkan IDE Eclipse anda (versi yang saya gunakan adalah indigo).
2.

No comments: