Wednesday 11 December 2013

Pengalaman Skripsi


Dah lama ga ngepost tulisan di blog tercinta ini. Setelah sekian lama, saya ingin berbagi cerita saat mengerjakan skripsi dulu. Sekedar berbagi cerita untuk teman-teman yang akan dan sedang skripsi, agar selalu semangat dan berjuang menyelesaikan skripsi hehe... Waktu pengerjaan nya cukup lama, hampir satu tahun. Apa saja yang terjadi selama satu tahun itu??
Sebenarnya saya sudah mulai mengajukan judul ke jurusan, sejak saya semester 6. Namun, saat itu judul saya sempat di tolak karena terlalu simpel menurut Kaprodi. Padahal judul itu adalah rekomendasi dari dosen mata kuliah "Administrasi dan Desain Jaringan". Waktu itu beliau menawarkan kepada mahasiswa tema Analisis Jaringan di kampus UIN Sunan  Kalijaga dengan beberapa tools. Saya tertarik mengambil tema tersebut. Kemudian saya langsung menghubungi dosen tersebut melalui email. Beliau membalas email saya dan mengatakan dalam email tersebut agar saya segera membuat draft skripsi saya. Senang rasanya mendapat balasan seperti itu...

Dengan penuh semangat saya mengerjakan draft proposal saya. Beberapa hari saya habiskan waktu saya untuk menulis dan mencari referensi ke kampus UGM. Beberapa hari kemudian draft proposal tersebut sudah jadi. Saya langsung mengirimkannya melalui email ke dosen mata kuliah "Administrasi dan Desain Jaringan" tersebut. Memang agak susah bertemu secara langsung dengan dosen tersbut, karena beliau adalah dosen terbang dari ITB dan hanya ke jogja sekitar 3 hari dalam seminggu. Beberapa hari kemudian, saya mendapat balasan dari dosen tersebut bahwa dia sudah menyetujui draft proposal tersebut, dan saya diminta untuk segera mengajukan draft tersebut ke kaprodi. Betapa senangnya hati saya, bayangan lulus tepat waktu sudah menggema dalam hati saya.

Hari berikutnya, saya berangkat ke kampus untuk menyerahkan draft yang sudah saya buat kepada kaprodi. Namun saat itu bapak Kaprodi tidak ada di tempat, sehingga saya hanya menaruh draft tersebut di mejanya. Saat itu saya sudah sangat optimis judul saya akan diterima oleh kaprodi, karena draft tersebut sudah di acc dosen mata kuliah yang menyatakan siap menjadi pembimbing saya.

Ternyata Allah memberikan jalan yang berbeda.  Saat mengambil draft saya di meja Kaprodi, saya sekali lagi tidak bertemu Kaprodi. Ternyata judul skripsi yang saya ajukan ditolak pihak prodi. Kaprodi menulis di draft yang saya ajukan, bahwa judul yang saya ambil terlalu simpel. Kecewa, ya hanya itu kata yang dapat menggambarkan perasaan saya waktu itu.

Lama saya mencari-cari judul untuk skripsi. Sampai akhirnya saya mengajukan lagi sebuah judul skripsi kepada kaprodi. Waktu itu saya mendapat ide untuk membuat aplikasi sistem pakar tentang obat herbal berbasis android. Saat itu judul saya diterima oleh Kaprodi. Alhamdulillah... akhirnya judul saya diterimajuga. Kemudian saya diberikan nama dosen yang akan menjadi pembimbing saya. Keesokan harinya saya langsung menemui pembimbing tersebut. Beliau meminta saya untuk melengkapi proposal saya terlebih dahulu. Saya pun segera melengkapinya dan mencari - cari referensi yang sesuai. Saya sudah mantap dengan judul saya, yaitu "APLIKASI SISTEM PAKAR HERBALBERBASIS ANDROID UNTUK PENYAKIT KULIT". Saya sudah membuat perancangan dan mengerti apa harus saya kerjakan selanjutnya.

Rupanya Allah masih punya kehendak lain terhadap saya. Saat bimbingan yang ketiga kali, dosen pembimbing saya berubah pikiran. Menurut dia, tema skripsi tentang sistem pakar sudah terlalu banyak. Sehingga beliau meminta saya untuk mengganti dengan tema yang lain. GUBRAK.... Saat itu perasaan kecewa kembali menerpa diri ini. Disaat kaprodi sudah menyetujui judul skripsi saya, malah dosen pembimbing saya yang tidak setuju, walau sudah tiga kali bimbingan.

Terpaksalah saya kembali mencari-cari tema skripsi. Berbagai usaha saya lakukan, mulai dari mencari ke perpustakaan, membaca jurnal, mencari di internet dan meminta ide dari teman-teman. Namun semuanya nihil. Saya masih belum juga menemukan judul yang tepat menurut saya. Hingga akhirnya saya menemukan sebuah judul. Ketika saya ajukan kepada dosen pembimbing, kembali ditolak dengan alasan yang sama. Saat itu, beliau memberikan tawaran kepada saya untuk membuat APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA BERBASIS ANDROID. Saya sempat ragu untuk menerima tawaran tersebut, karena pasti tidak  mudah membuatnya.

Untuk membuat APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA BERBASIS ANDROID, saya tentu harus mengerti tentang Database yang ada basis data sistem informasi akademik kampus saya. Padahal saya tidak pernah magang atau tahu sedikitpun tentang database kampus saya. Saya membayangkan skema database yang rumit, ada ratusan tabel dan ribuan kolom didalamnya. Relasi antar tabel yang pasti bikin bingung. Selain database, saya harus membuat web service pada server. Otomatis saya harus mengerjakannya di kampus saya. Saat itu, saya hanya menjawab "IYA". Dosen pembimbing saya percaya, bahwa saya bisa menyelesaikan aplikasi tersebut.

Alhamdulillah berkat rahmat dan hidayah dari Allah saya berhasil menyelesaikan skripsi saya yang berjudul SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA BERBASIS ANDROID. Jika ada pembaca yang mengambil tema skripsi yang sama dengan saya, silakan menghubungi saya untuk sekedar berdiskusi tentang tema tersebut. Bisa melalui blog ini, atau melalui email saya yaitu : jaya547@yahoo.co.id.

Sekedar informasi, berikut ini link digital library tentang skripsi saya di http://digilib.uin-suka.ac.id/7965/1/BAB I, VII, DAFTAR PUSTAKA.pdf. Selamat mebaca..... :)
Buat yang lagi skripsi, tetap semangat jangan putus asa. Sesungguhnya dalam kesulitan itu ada kemudahan.

Oke, cukup sekian tulisan kali ini. Untuk tulisan yang lebih mendalam tentang SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA BERBASIS ANDROID, tunggu tulisan selanjutnya ya.... Stay Tune di blog ini.... :)

2 comments:

Anonymous said...

Ternyata sama ya semua dosen di dunia ini, tiba-tiba bilang iya, tiba-tiba juga bilang enggak. Harus benar-benar siap mental...

Tulisan yang bagus, salam kenal :)

Unknown said...

Jaminan untuk memperoleh beasiswa 100%* ke luar negeri s1/S2. (Jaminan uang kembali*)

Tahukah Anda, bahwa sebagian besar beasiswa bersih dari diskriminasi? Artinya, dari universitas mana pun Anda berasal, jurusan apa pun yang Anda tempuh, Anda memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Tahukah Anda, bahwa ada puluhan ribu beasiswa dari ratusan lembaga donor+institusi akademik di seluruh dunia yang tersedia bagi anak Indonesia yang memenuhi syarat?

Syarat nilai rata-rata UN+rapot minimal 7.5 untuk program beasiswa sarjana; dan IPK minmal 3.0 untuk program beasiswa di level master. Syarat umur maksimal 35 tahun. Bukankah itu tidak terlalu sulit? Namun, umumnya pemburu beasiswa tersandung score EILTS yang menjadi salah satu syarat pokok beasiswa ke luar negeri.

Syarat score EILTS untuk menerima beasiswa luar negeri adalah minimal 6.5 (score maks. adalah 9).

Bersama kami, Anda terjamin mencapai beasiswa incaran Anda dengan score IELTS 7.5 yang mana ini jauh melampaui persyaratan hingga membuat Anda terlihat unggul dan lebih dipercaya untuk dapat mengikuti pembelajaran di sana dengan bahasa Inggris akademik Anda yang tinggi.

Respond iklan ini untuk mendapatkan GRATIS tes institusional IELTS (senilai RP250.000) di kantor kami. Test ini berguna untuk mengindikasikan level bahasa inggris dan berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai standard untuk bisa memenangkan beasiswa keluar negeri.

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi 08787 8787 190.

Suatu kehormatan besar bagi kami apabila berhasil mendukung dan menyukseskan Anda mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan menikmati hal-hal terbaik.

Good luck