Monday 16 December 2013

SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA BERBASIS ANDROID (1)

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menceritakan perjalanan dari awal sampai akhir pengalaman saya saat menulis skripsi. Sekarang, saya akan menceritakan hal-hal apa saja yang saya lakukan untuk menyelesaikan skripsi saya. Makanya, pada judul diatas saya beri nomor 1. Sebab bila semuanya ditulis disini, tentu akan sangat panjang, hehe..

Setelah menerima tantangan untuk menyelesaikan tema ini dari dosen pembimbing, saya bingung plus pusing tujuh keliling. What should I do first??? Mempelajari rancangan interface kah? meempelajari rancangan database kah? atau membuat tulisan Bab 1 sampai 4?

Saya pun memutuskan untuk mengerjakan hal yang lebih bersifat teoritis terlebih dahulu. Saya akan mengerjakan tulisan Bab 1 sampai dengan 4 terlebih dahulu sebelum membuat aplikasinya. Seperti Skripsi pada umumnya, Bab 1 hanya berisi Pendahuluan. Salah satu yang dimunculkan pada Bab tersebut adalah apa yang melatar belakangi kita dalam memilih tema tersebut? Saya sampaikan bahwa  perkembangan perangkat mobile sangat berkembang pesat beberapa tahun ini. Android menjadi sistem operasi smartphone yang paling populer. Namun, di kampus UIN Sunan Kalijaga belum ada aplikasi khusus untuk Sistem informasi akademik berbasis android.

Pada bab 2, saya menjelaskan lebih banyak tentang teori-teori yang mendukung penelitian saya. Antara  lain tentang Android, Sistem, Informasi, Sistem Informasi Akademik, Web Service, Basis Data, Java, JSON dan lain-lain. Saya juga menyertakan beberapa skripsi yang menjadi referensi saya. Kebanyakan saya ambil dari UGM dan AMIKOM.

Metode Penelitian, terdapat pada Bab 3. Pada penelitian yang saya lakukan, saya melakukan metode pengembangan sistem dengan metode SDLC alias Software Development Life Cycle. Urutannya yaitu, Analisis, Desain, Implementasi dan Evaluasi.

Bab 4 berisi tentang perencanaan sistem yang akan dibuat. Bab ini memang sangat panjang dan harus detail. Sebab kunci pengerjaan kita ada pada bab ini. Kita harus memantapkan betul apa yang akan  kita buat. Bagaimana arsitektur pengembangannya, tebel-tebel dan kolom-kolomnya, dan banyak lagi yang harus diperhatikan.

Insyaallah tulisan berikutnya akan saya bahas tentang teori-teori yang berhubungan dengan penelitian saya. So, Stay tune ya... hehehe

No comments: