Thursday 6 January 2011

BAKSOS IN WATU ADEG

Awal tahun 2011, tepatnya tanggal 1 januari 2011, yayasan Silaturahim Pecinta Anak-anak (SPA) mengadakan acara bakti social (BAKSOS) di daerah watu adeg, cangkringan, sleman. Acara ini awalnya di gagas oleh teman-teman yang merasa bahwa bantuan di posko SPA Yogyakarta masih banyak yang belum disalurkan. Lokasi di watu adeg dipilih karena kebetulan ada permohonan bantuan yang masuk ke yayasan.

Duh,… bahasanya kaku banget ya.. Yaudah, sekarang q pake bahasa santai aja deh, yang penting pembaca sekalian ngerti apa yang q maksud, OK!!

Nah, tanggal 1 januari 2011 pagi-pagi q udah berangkat ke kantor yayasan. Ternyata setelah sampe sana belum banyak temen-temen yang datang. Setelah semua persiapan dirasa siap, dan semua personel sudah lengkap, baru deh kita cabut ke lokasi. Perjalanan kali ini, kita make 3 mobil untuk membawa semua bantuan. Bantuannya berupa sembako, baju, dan sarana kegiatan belajar TPA. Dari kantor, kita berangkat jam 8.30



Jam 09.00 WIB kita nyampe ke lokasi. Ternyata kedatangan kita udah disambut warga sana. Gak lama kemudian, acara dimulai. Ternyata dari warga sendiri mengadakan acara silaturahim dan temu kangen pasca erupsi merapi. Maklum, waktu merapi njebluk kan warga pada ngungsi kerumah sodaranya.. antara anak-anak dan orang tua, tempat acaranya dipisah. Para ortu mengikuti acara di masjid Nurul Huda Watu adeg. Core dari acara para orang tua adalah pengajian. Pada kesempatan kali ini, pengajian diisi oleh ustad puji. Pengajiannya intinya adalah mengajak masyarakat untuk semakin taat beribadah dan menghimbau masyarakat akan bahaya pemurtadan yang biasanya marak pasca bencana.




Ternyata setelah ustad puji selesai memberikan tausiyahnya, beliau mempersilakan ustad makhroji (temannya ustad puji, red) untuk memberikan pengajian ra ngiro (gak nyangka). Kontan saja semua hadirin tertawa, pasalnya ustad makhroji memang tidak dijadwalkan untuk member tausiyah. Ternyata setelah beliau maju, banyak para hadirin yang suka dengan gaya ceramah beliau. Sungguh, q akui cara ke dua ustad berpengalaman itu menyampaikan materi sungguh memukau. Jamaah dibuat tidak bosan ketika mereka berceramah. Humor-humor ringan namun bermakna kerap keluar dalam ceeramah mereka. LUAR BIASA…..



Di lokasi yang berbeda, anak-anak sedang asyik mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh kak aris. Pendongeng yang satu ini kerpa tampil mengisi acara dongeng anak di sejumlah tempat di sejumlah daerah. Gaya dongeng nya khas gaya SPA. Sangat menghibur dan membuat anak-anak melepaskan tawa di wajah mereka. Subhanallah.. Sungguh pemandangan yang indah. Melihat anak-anak itu ceria membat hati q ceria.



Tak hanya itu, anak-anak juga sangat senang karena setelah mendengarkan dongeng, anak-anak bisa membaca buku yang dibawa Mobil Pintar (BINTAR) SPA yang hari itu adalah launching pertamanya. BINTAR merupakan salah satu terobosan SPA Yogyakarta untuk memajukan pendidikan di negeri ini. Dengan BINTAR anak-anak yang dikunjunginya bisa membaca buku yang menurut anak-anak itu menarik. Dan bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari buku-buku tersebut.



Setelah selesai baksos, kami pergi menuju daerah yang lebih dekat dengan puncak merapi. WOW.. luar biasa, penungjungnya ternyata sangat ramai. Jalanan yang sempit itu dipadati ratusan kendaraan yang akan peergi ke tujuan yang sama. Q lupa nama desanya apa, yang jelas daerah itu terkenal dengan WATU TEMANTEN yang ada setelah erupsi besar gunung merapi.



Astaghfirullahal’adzhim.. material merapi membenamkan desa itu. Bayangkan saja, pasir merapi membenamkan rumah dan SD disana. Tingginya mencapai 1,5 meter. Pohon-pohon tumbang dan mati. Rumah-rumah disana juga hancur. Pasirnya pun masih panas dan mengeluarkan asap. Dan dari dalamnya terdengar suara seperti air mendidih. Sungguh pemandangan yang menurutku cukup mengerikan. Sepertinya ini merupakan daerah aliran material merapi.



Karena perut mulai keroncongan alias lapar, he….3x kami mencari rumah makan dan tempat untuk sholat. Akhirnya kami berhenti di SOP ayam PAK MIN yang terkenal itu. Hm.. setelah dicicipi, rasanya lumayan, namun sayang kurang hangat. Dagingnya itu,. Hmmmm.. maknyos (lho kok kayak wisata kuliner ). Setelah kenyang akhirnya kami kembali ke kantor SPA tercinta.

Ayo BAKSOS selanjutnya kemana… insyaallah akan dapat pengalaman baru yang menyenangkan. Buat temen-temen semua, SALUUT buat partisipasinya. Moga amal teman-teman mendapatkan balasan yang lebih dari Allah SWT. AMIIIIN YAA ROBBAL ‘ALAMIIN.

No comments: